Selasa, 25 Februari 2014

Kopi Gayo Bisa Menjadi Komoditas Unggulan di Pasar Dunia

FRONTROLL.com Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini mengatakan, kopi yang ditanam petani di daerah tertinggal tidak kalah kualitas cita rasanya dengan kopi produk luar negeri. 

Bahkan sebagai produk unggulan, kopi dari banyak daerah di Indonesia sudah diakui sebagai salah satu kopi terbaik dunia, termasuk kopi Gayo, Bener Meriah, Nangroe Aceh Darussalam (NAD). Ia yakin, kopi Gayo bisa menjadi produk unggulan di pasar dunia. 

"Saya acungi jempol, produksi kopi Gayo di Takengon, Bener Meriah, bisa meningkat pesat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Beberapa kedai kopi dengan merek ngetop di Amerika mengambil pasokan kopi dari Takengon," kata Helmy di Jakarta, akhir Desember 2013 silam.

Menurutnya, banyak daerah di Indonesia merupakan penghasil kopi berkualitas tinggi dan sudah ekspor ke negaranegara besar di Eropa dan Amerika. Meski demikian, beberapa daerah penghasil kopi masih kesulitan untuk memenuhi banyaknya permintaan ekspor karena para petani kopi masih menggunakan metode manual. 

"Kementerian PDT banyak memberi pendampingan dan bantuan untuk memudahkan petani kopi meningkatkan produksi kopinya," ujar Helmy. (tmp)

sumberhttp://www.frontroll.com/berita-5611-kopi-gayo-bisa-menjadi-komoditas-unggulan-di-pasar-dunia.html

0 komentar:

Posting Komentar